RIP George Martin

Kita tahu bahwa, cepat atau lambat, tentu saja – ia berusia sembilan puluh tahun dan karena kecenderungan mengerikan terkait dengan Beatles mati sebelum waktunya, kami * sangat * beruntung memiliki dia bersama kami selama itu – tapi masih mengerikan untuk melihat bahwa Sir George Martin sudah mati.

Itu, tentu saja, adalah yang terbaik dikenal untuk karyanya di The Beatles, yang merupakan salah satu yang paling penting dalam sejarah karya rekaman suara, tetapi ia memiliki dampak besar bahkan jika tidak mungkin untuk mengatur diabaikan non-hopers dan Liverpool, lebih atau kurang sebagai hukuman, dan acak membantu mengubah dunia.

Dia sangat berusaha produser – “Waktu Mengalahkan”, yang dibuat dengan Maddalena Fagandini adalah lokakarya radiophonic sebelumnya untuk memenuhi Beatles, terdengar lebih seperti pekerjaan yang luar biasa dari Joe Meek, bahkan jika B berharap aku “waltz lagu” terdengar seperti tidak begitu banyak seperti mash-up dari Gary Numan ini “mobil,” “Ambil lima” dan tema Zorba Yunani. Dan produksi “Sun Com” oleh (sekarang malu) Rolf Harris masih salah satu hal yang paling aneh yang pernah Anda grafik.

Tapi pentingnya sebenarnya adalah pra-Beatles produsen album komedi. Itu karena Martin bahwa kita terus panggung kami menunjukkan di tim pinggiran dan Flanders & amp; amp; amp; Swann. Pada era sebelum video rumah, album ini adalah satu-satunya cara bagi orang untuk mengenali diri mereka sendiri dengan ini pertunjukan menakjubkan, dan satu-satunya cara sekarang kita menggunakannya sama sekali. produksi nya untuk Spike Milligan dan Peter Sellers juga alasan utama bahwa reputasi gorila itu tetap hidup selama beberapa dekade – kita hampir yakin tidak ada koleksi besar materi sekarang bekerja Goon Martin adalah potensi komersial tidak mencatat penjualan.

Jika Martin tidak pernah bekerja dengan The Beatles, ia mampu bekerja dengan seniman beragam seperti Shirley Bassey dan Peter Cook, dan beberapa karya terbaik dari dua sekarang berubah menjadi salah satu karakter orang seperti saya mengagumi jenis karakter Zelig – ” apakah Anda tahu bahwa George Martin, menciptakan sebuah jembatan di atas sungai Wye adalah itu George Martin membuat subjek Goldfinger? ” “Wow, benar-benar ?!” – Tapi tentu saja ia datang bersama dengan Phil Spector, salah satu dari hanya dua produser rekaman suara kebanyakan orang bisa nama sama sekali, berkat kerja (dan pada tingkat lebih rendah, sayap lain dari Brian Epstein naik seniman).

Penerbangan itu awal abad ke-70, hanya untuk menghancurkan kontribusi dari George Martin The Beatles, karena ia melihat bahwa Martin dihukum dikreditkan dengan menjadi “bakat” di bagian belakang. Omong kosong, tentu saja – The Beatles semua musisi yang sangat berbakat, dan pemimpin karir mereka – tapi Martin * TIDAK * untuk membuat band terdengar komisi besar, benar-benar besar. Tomorrow Never Knows jelas karya penulis lagu adalah tiket yang sama ke surga, tetapi * juga * jelas karya produser yang sama seperti matahari terbit. The Beatles mampu melakukan pekerjaan yang besar dari produksi yang berbeda, tapi itu tidak akan menjadi * * pekerjaan yang sangat baik yang sama.

Dia bukan seorang visioner, fotografi sangat kreatif. Tapi dia adalah seorang pengrajin yang baik (setidaknya melalui empat puluhan) selera yang baik, rasa humor, dan kemauan untuk mencoba melakukan apa pun untuk mendapatkan catatan suara yang tepat.

Tanpa karyanya dengan The Beatles, dunia akan menjadi terlukiskan berbeda. Bahkan menyisihkan bahwa tanpa komedi dan catatan baru pada tahun lima puluhan dan enam puluhan, dunia akan jauh lebih budaya miskin, kurang bahagia tempat.

Aku di sini bisa menempatkan setiap anekdot dikenakan strip pemotongan yang sama dan melemparkan mereka di udara, atau “terdengar seperti jeruk” (ini mungkin kesempatan terakhir – volume biografi berikutnya Levinson keluar, kita harus mengetahui semua anekdot semua kasus palsu, sehingga sejarah pra-1962 membuktikan kumbang), atau berbicara tentang bagaimana dia berhasil Billy J. Kramer suaranya hampir untuk mendengarkan suara, atau sejuta hal lainnya. Tapi aku tidak.

Aku akan pergi dan mendengarkan Sgt Pepper. Ini bukan album terbaik yang pernah dibuat, meskipun reputasinya, tapi itulah yang ia pikir adalah karya terbaiknya. Lalu pergi dan mendengarkan karya solo Lennon atau McCartney. Yang melihat apa George Martin tidak melakukan pekerjaan mereka.

Lalu pergi mendengarkan melampaui pinggiran ragu-ragu, dan memahami bahwa kita tidak bisa mendengar program ini lima puluh atau enam puluh tahun, dan setelah kematian banyak peserta, tanpa dedikasi George Martin rekaman komedi.

Pekerjaan yang tidak Beatles waktu – referensi untuk komedi dan lebih sulit untuk menganalisis kedua dunia kereta Inggris dan Odbiin, dua stasiun TV, mesin penjual, mengambil penyamak menarik diri dari sejarah, sementara alat pacu jantung pop tiga chord hampir tidak menginspirasi anak muda saat ini – tetapi pada waktu itu masih cukup untuk kita sendiri dekat untuk bisa mendengar gema dalam pekerjaan mereka, dan masih bisa merasakan ketegangan, bahkan jika salah satu adalah, seperti saya, hidup dalam budaya yang terutama ping-Pongs 1930, 1960, hampir tidak pernah menyentuh hari ini.

Martin yang diremehkan sedikit, karena telah menjadi rock and roll (sebagai lawan inovasi dan komedi bekerja) relatif terlambat dalam hidup – ia beberapa bulan lebih muda dari aku sekarang ketika ia bertemu dengan Beatles untuk pertama kalinya, yang merupakan lama mengguncang dunia musik – dan begitu ia tidak melanjutkan setelah baru ini mengundurkan diri Beatles kerja, lebih suka bekerja dengan pekerjaan di tengah-the-road, seperti Amerika, Elton John Celine Dion. Tapi dia harus bekerja lebih baik ke delapan puluhan (meskipun masih dibantu oleh anaknya, Giles, sebagai pendengarannya memburuk) menunjukkan karakter seorang pria dengan sendirinya.

Ini seharusnya tidak boleh dilewatkan. Terima kasih, George. Ingat seperti ini:

Pesan ini dibawa ke anda oleh kemurahan hati para pendukung saya telah Patreon mengapa tidak bergabung dengan mereka

Tagged:. ? Komedi, George Martin, Musik, The Beatles
gambar panas


Tags: ,