2001 Cinerama Odyssey

Beberapa minggu yang lalu saya melihat sebuah 2001: A Space Odyssey untuk pertama kalinya.

Oh, saya melihat sesuatu yang nama 2001: A Space Odyssey sebelumnya. Aku melihat sesuatu yang disebut quad-waktu televisi dan saya pikir itu begitu baik. Aku melihat apa yang tampaknya menjadi sebuah film yang berbeda pada TV layar lebar dan DVD – salah satunya adalah jauh lebih baik. Tahun lalu, saya melihat apa yang tampaknya menjadi sebuah film yang berbeda sekali film – yang merupakan salah satu * jauh * lebih baik daripada yang Anda dapatkan DVD.

Tapi kemudian saya melihat dia Cinerama, melalui mana ia seharusnya melihat. Sekarang saya melihat tahun 2001.

2001 Cinerama tidak cukup dijelaskan (metode tiga-garis yang digunakan, misalnya, Bagaimana Barat memenangkan ), tapi itu harus disaring Cinerama layar, dan itu cukup Sangat disayangkan bahwa sekarang ada hanya tiga karya di Cinerama layar – Los Angeles, Seattle, dan Bradford. Siapa saja yang bisa menjangkau mereka ketika mereka menunjukkannya, aku takut Anda tidak pernah benar-benar melihat 2001.

Pertama, ukuran layar yang membuat perbedaan antara bagaimana Anda mengalami film. Semua jendela pesawat ruang angkasa yang berbeda sesuatu yang terjadi untuk itu – sebuah film kembali untuk menambah rasa skala dan keaslian – dan bahwa diferensial * jenis * ditampilkan. Apa yang Anda tidak bisa mengatakan bahwa semua tembakan materi kembali diputar-difilmkan hanya sudut yang tepat, dan hanya jarak yang tepat sehingga ketika Anda melihat apa efeknya mulus. Bandingkan dengan, misalnya, menyerang pesawat pergi ke pabrik Star Trek: The Motion Picture, yang menggunakan teknologi yang sama selama hampir satu dekade kemudian, tetapi jika hal-hal yang sangat berbeda korup Kirk tampak seperti sosok karton dipotong. Umumnya, semakin besar layar, semakin Anda melihat gejala kekurangan – mereka benar-benar tampak * lebih realistis * meningkat.

Ada juga cara untuk tembakan kompleks. Semua kurva ini masuk akal jika dilihat secara visual melengkung layar – bagaimana seseorang pernah dijelaskan pada tahun 2001 sebagai “” lingkaran dan garis menari bersama, dan potongan-potongan datang bersama-sama dengan layar melengkung karena mereka hanya tidak mengambil satu datar.

Dan beberapa karya akal Odder, sambil mengingat bahwa film akan ditampilkan di Cinerama – pada kenyataannya, tampaknya * * seperti Kubrick tembakan kompleks karena ia memotret tiga-strip Cinerama. Ini mungkin karena (sebagai kemudian mengungkapkan), film ini direncanakan pada tahap awal dijelaskan dengan cara ini, atau bisa juga karena ia bermain dengan harapan penonton dari apa film Cinerama show, tetapi jika Anda menonton film Cinerama tiga strip’ll kemauan yang kuat vertikal dalam waktu setelah lain sepertiga dan dua pertiga dari cara di layar, karena tempat-tempat ini garis vertikal untuk membantu menyembunyikan bergabung. Jadi jika Anda melihat, misalnya, adegan di mana monolit untuk pertama kalinya, tidak akan muncul di tengah layar, seperti yang Anda biasanya dapat mengharapkan, tetapi sepertiga dari titik. Dan perakitan tersebut dilakukan berulang-ulang.

layar Cinerama juga membantu menjelaskan mengapa begitu sedikit film yang meliputi dialog yang nyata – itu hampir mustahil untuk menghubungkan Cinerama menembak untuk mendapatkan pemain yang benar-benar melihat satu sama lain, dan itu * adalah * mungkin, jika Anda ingin peluru juga berfungsi sebagai foto tradisional. Layar melengkung mengatakan eyelines semua berjalan bersama-sama. Jadi, sebagai Douglas Trumbull, efek visual pengawas (yang memberi ceramah tentang pertunjukan, yang saya sayangnya harus meninggalkan di tengah untuk mendapatkan rumah) mengatakan pilihan itu dibuat awal untuk membuat 2001 * meyakinkan – tidak mengemudi pengalaman karakter, film ini seharusnya memberikan pengalaman itu.

Hampir semua keputusan apapun yang aneh pada tahun 2001, dengan kata lain – semua hal di mana, ketika Anda melihat TV ini, Anda berpikir, “Nah, itu yang menarik, mengapa dia melakukannya?” – Tiba-tiba masuk akal.

Tapi ada sesuatu yang lain, sesuatu yang mana film cahaya baru bagi saya karena saya baru menyadari bahwa melihat daerah tertentu.

Anda lihat, saya penggemar dari format Cinerama, dan pergi bersama dengan sebagian besar Widescreen Weekend Media Museum di Bradford, di mana mereka menunjukkan film Cinerama, serta menunjukkan 70mm cetakan dari masa lalu menunjukkan normal, tapi dengan layar datar besar . Cinerama dan 2001 konvensi bekerja, tidak seperti film biasa.

Sebelum membuka tirai Musik terbuka, selang – struktur dasar dari film ini adalah salah satu yang digunakan di seluruh film Cinerama yang dimaksudkan untuk “pengalaman”, bukan hanya film yang ingin pergi dan melihat. Semua ini adalah Cinerama dan Mad Mad Mad Mad World begitu terstruktur. Aku tidak tahu fakta jelas bahwa film sebelumnya – dan sekali saya lakukan, ia menyadari bahwa, pada kenyataannya, seluruh film adalah film bermain gambar Cinerama. Secara khusus, Cinerama kampanye.

Ingat ketika saya berbicara tentang bagaimana film ini akan menjadi tentang karakter, tetapi Anda memiliki pengalaman seperti mereka? Genre film dibuat semua jarak perjalanan itu– Cinerama, diriwayatkan dan diproduksi oleh Lowell Thomas (biasanya berpartisipasi dalam Merriam Cooper, yang merintis efek khusus dalam film, berdasarkan King Kong ). Mereka menempatkan Anda di * * pusat acara, apakah massa, roller coaster, perjalanan Paus dengan helikopter lebih gunung berapi, atau apa pun, dengan cara yang sama seperti di tahun 2001, tidak ada.

Dan film-film ini biasanya struktur yang dimulai orang Supposedly- “primitif” Afrika atau Asia melakukan tarian suku, dan “keajaiban alam”, maju melalui keajaiban teknologi dan keahlian dalam membentuk Amerika tua yang baik pesawat Berjuang tembakan, dan kemudian berakhir Dengan sesuatu yang menggembirakan (misalnya, menembak kampanye Kalvari dan lokasi jelas makam Yesus). Tepat matahari struktur yang sama pada tahun 2001 – dan mengharapkan pada tahun 2001 sehari setelah menonton The Best of Cinerama (koleksi bagian dari laporan tugas di bawah ini), saya tidak bisa melihat transisi dari kera ke manusia stasiun ruang angkasa tanpa mendengar sesuatu Lowell Thomas mengatakan sebagai , “dan keajaiban alam menghidupkan keajaiban teknologi ilmu pengetahuan modern.”

Aku sudah ke kebetulan, kecuali untuk satu hal – seperti yang saya katakan sebelumnya, sulit untuk membuat tanda di Cinerama, dan laporan dari perjalanan harus memasangkan khalayak luas, tokoh-tokoh kunci, dan satu hal terjadi * panjang Cinerama * laporan perjalanan adalah Bagian geli ketika film sedang digambarkan sebagai sebuah perjalanan yang menakjubkan (kereta naik gunung di India memiliki Pelarian Kereta turun gunung, penerbangan pesawat lebih pemandangan indah), dan sifat “bodoh” tidur sepanjang perjalanan seluruh luar biasa.

Sama seperti Heywood Floyd tidur melalui perjalanan ke bulan. Memang, seperti karakter dalam penemuan hibernasi polong.

2001 membuat bagian luar biasa dari tape. Ini bagian dari Cinerama yang menakjubkan. Jika Anda pernah mendapatkan kesempatan untuk melihat dengan cara itu dimaksudkan, maka (dan saran – mendapatkan tempat sentral pada sisi layar Cinerama dapat ditampilkan untuk memecahkan band dari elemen mereka ketika sudut pandang). Jika Anda melihat * ini setelah * Keakraban dengan gambar Cinerama, yang baik.

Saya sangat senang akhirnya aku melihat salah satu film favorit saya untuk pertama kalinya.

Pesan ini dibawa ke anda oleh pendukung saya, saya memiliki Patreon. Mengapa tidak membuat satu?


tag: film, Kubrick, fiksi ilmiah
seks


Tags: , ,